SMS Gateway

Salah satu teknologi yang dapat diandalkan dalam menyajikan informasi secara cepat dan real time adalah pelayanan pesan pendek (Short Messaging Service) atau lebih dikenal dengan SMS yang menggunakan handphone sebagai media komunikasinya. Penggunaan SMS untuk berkomunikasi cepat paling diminati saat ini, karena penggunaannya relative mudah serta biayanya yang sangat murah.

Teknologi ini pun dapat kita manfaatkan dalam pengumpulan, pemrosesan, hingga penyajian data. Teknologi ini pun mendukung konsep Customer Relationship Management (CRM), karena dapat merespon customer secara cepat.

konsep sms gateway CITS Indonesia

Teknologi SMS Gateway, komponen utamanya adalah engine yang ada di Server yang bertugas membaca SMS yang masuk, mentransfernya ke repository lokal, serta menerima output dari aplikasi, memformatnya dalam format SMS, kemudian mengirimkannya ke user melalui SMS Network / Operator.

SMS gateway ini dapat dikelola oleh Administrator untuk menentukan parameter-parameter khusus, misalnya periode penghapusan data di modem, metode penyimpanan, format SMS yang diterima, dsb.

Pemrosesan data SMS Gateway

aplikasi J2ME di clientSebagai tools tambahan di user, dapat kita tambahkan aplikasi java J2ME SMS Data Collector, yang berfungsi sebagai antarmuka yang memudahkan user dalam mengentrikan data, sehingga user tidak perlu menulis pre formated SMS, misalnya DATA [spasi] [NILAI-1],[NILAI-2], dsb.

Proses lanjutan dari SMS Gateway ini adalah pemrosesan data di level yang lebih tinggi, pemrosesan data tersebut sangat bergantung kebutuhan. Kita dapat menampilkan data tersebut dalam Sistem Informasi Geografis (GIS/SIG), laporan-laporan berbasis web, DSS, pre formated printing, dsb.

Aplikasi SMS Gateway yang kami kembangkan ini, dibangun dengan J2EE (Java Programming Language). Untuk pemrosesan data lanjutan, dapat menggunakan PHP, Web GIS, Desktop GIS, dsb.