Sistem Informasi Manajemen Aset

Aset merupakan sumber daya berwujud yang dimiliki oleh suatu instansi dan memiliki manfaat ekonomis serta digunakan lebih dari satu tahun dan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan. Pentingnya aset ini menjadikan instansi perlu melakukan manajemen aset secara komprehensif. Alasan pentingnya manajemen aset meliputi kebutuhan untuk menegaskan posisi hukum setiap aset terutama tanah dan bangunan yang seringkali menjadi objek sengketa antar lebih dari satu instansi, kebutuhan perawatan aset, dan penegasan pihak yang bertanggung jawab mengelola aset ini.

Masalah dan kebutuhan yang timbul terkait manajemen aset dapat berupa inventarisasi aset yang kurang terstruktur dan terstandarisasi, pelaporan berkala mengenai kondisi aset, analisis data aset untuk kebutuhan pengambilan kebijakan oleh direksi, dan pengawasan persebaran aset khususnya untuk instansi yang memiliki aset tersebar di beberapa wilayah.

Solusi yang dapat digunakan untuk menjawab kebutuhan dan masalah yang dipaparkan di atas adalah suatu Sistem Informasi Manajemen Aset yang memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

1. Inventarisasi Aset
Sistem ini menyediakan fitur inventarisasi aset mengkodean terstandarisasi dengan referensi dari DEPDAGRI.

2. Pencatatan Anggaran dan Realisasi Investasi Aset

3. Pencatatan Pengelolaan Siklus Aset
Siklus Aset yang dapat dikelola pada sistem ini meliputi penatausahaan, pendayagunaan, dan penghapusan aset.

Data-data inventarisasi aset ini pada akhirnya dapat ditampilkan dalam bentuk laporan yang disajikan dalam grafik, tabel, dan peta persebaran aset. Fitur ini akan mempermudah direksi untuk memantau aset yang dimiliki instansi dan membantu mengambil kebijakan terkait aset-aset tersebut.

4. Analisis dan Laporan Rekapitulasi Seluruh Aset
Sistem ini dapat menampilkan rekapitulasi dalam grafik dan tabular berdasarkan parameter yang dapat dipilih pengguna. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat contoh tampilan analisis dan rekapitulasi aset suatu instansi.

5. Tampilan Persebaran Aset
Fitur kelima ini merupakan fitur unik sistem ini yang dapat digunakan untuk melihat persebaran di beberapa wilayah menggunakan peta dari Google Map. Persebaran ini ditampilkan menggunakan simbol-simbol yang merepresentasikan setiap jenis aset dan penjelasan yang ditampilkan secara tabular.

Sistem Informasi Manajemen Aset ini juga dilengkapi dengan fitur untuk administrator dan menu pelengkap seperti berita, lelang, dan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di setiap instansi.