SIG Visualisasi Jaringan

Kebutuhan
Sistem Informais Geografis Visualisasi jaringan umumnya institusi utilities seperti PLN, PDAM. Dengan menggunakan alat bantu visualisasi yang disertai informasi lokasi (geografis) akan memudahkan pihak pengelola memonitor kondisi jaringan. Visualisasi yang disertai peta dasar wilayah yang di overlay dengan layer peta jaringan serta dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Fitur SIG Visualisasi Jaringan ini antara lain :

  • Mampu mengolah, memelihara, menyimpan dan menganalisis berbagai informasi geografis suatu daerah atau suatu bentang alam.
  • Dapat menambahkan atau mengembangkan informasi apapun ke dalam database dan menyajikan layer-layer sesuai kebutuhannya (tematik).
  • Dapat menggunakan data dari berbagai macam format seperti peta standar, graphics file formats, images, CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacture) files, spreadsheets, relational databases dan masih banyak lagi.
  • Menampilkan graphics symbol representasi yang sesuai dengan jenis informasi yang ditampilkan, misalkan : titik, poligon, garis, pie chart, dsb. 
  • Terdapat fitur pencarian lokasi pada peta dengan memasukkan parameter tertentu, aplikasi akan me-zoom in lokasi yang sesuai.
  • Terdapat fitur manajemen query untuk menampilkan resume/summary report dari keseluruhan informasi yang terdapat pada lokasi tertentu.
  • Cetak peta, export peta ke format PDF, JPEG dan format standard lainnya.

Kelebihan
Fitur unggulan SIG Visualisasi Jaringan ini adalah memudahkan pengguna menambah dan memodifikasi data dasar , baik spasial (dijitasi) dan textual. Dengan antar muka interaktif dan mengikuti standard tools SIG profesional serta tingkat keamanan yang handal, maka SIG ini dapat menjadi salah satu alternatif solusi tepat guna bagi institusi untuk menampilkan dan mengelola data jaringan miliknya.

Pemanfaatan

  • Jaringan Pelanggan dan Pipa PDAM : visualisasi lokasi jaringan, memonitor kondisi dan pendayagunaan jaringan, melihat persebaran pelanggan , simulasi pipa , buka tutup valve, penambahan data pelanggan , penambahan data pipa.
  • Jaringan Kelistrikan : visualisasi kondisi infrastruktur kelistrikan seperti tiang, gardu, jaringan listrik, kondisi kerusakan aset dan jaringan pelanggan. Dapat ditambahkan fitur analisis penambahan daya, penambahan gardu/ tiang, dan lain sebagainya. 
  • Infrastruktur Perhubungan : visualisasi kondisi , status dan persebaran infrastruktur darat laut dan udara beserta sarana prasarana yang ada di masing - masing infrastruktur. Dilengkapi pula dengan data pembanding seperti demografi, sosial ekonomi di masing-masing wilayah.Umumnya dibutuhkan oleh Bappeda Daerah Tingkat II, Dinas Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum. 

 

 

Dengan disertai data geospatial terpelihara dalam format standar, revisi lebih mudah dilakukan ,lebih mudah dicari, dianalisa dan disajikan. Sehingga hasilnya mempunya nilai tambah (grafis, kedalaman informasi, dsb).

Dengan pendekatan yang representatif dan informatif, maka produktifitas bisa diperbaiki dan lebih efisien sehingga dapat dibuat keputusan yang lebih baik. Berbasis library yang bersifat open source, pengguna tidak perlu khawatir tentang biaya lisensi untuk setiap instalasi aplikasi ini di lingkungan institusinya.